Friska Susyanti

Selasa, 21 Februari 2012

bank rakyat indonesia

Bab I
Pendahuluan

1.1 Sejarah Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Pendiri Bank Rakyat Indonesia Raden Aria Wirjaatmadja Pada periode
setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Adanya situasi perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN
diintergrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan. Setelah berjalan selama satu bulan keluar Penpres No. 17 tahun 1965
tentang pembentukan Bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim).
Berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor 6 dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai Bank Umum. Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang kepemilikannya masih 100% ditangan Pemerintah. PT. BRI (Persero) yang didirikan sejak tahun 1895 didasarkan pelayanan pada masyarakat kecil sampai sekarang tetap konsisten, yaitu dengan fokus pembiayaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
1.2 Bidang usaha
Sampai sekarang Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang didirikan sejak tahun 1895 tetak konsisten memfokuskan pada pelayanan kepada masyarakat kecil, diantaranya dengan memberikan fasilitas kredit kepada golongan pengusaha kecil. Hal ini antara lain tercermin pada perkembangan penyaluran KUK (Kredit Usaha Kecil) pada tahun 1994 sebesar Rp. 6.419,8 milyar yang meningkat menjadi Rp. 8.231,1 milyar pada tahun 1995 dan pada tahun 1999 sampai dengan bulan September sebesar Rp. 20.466 milyar.
Seiring dengan perkembangan dunia perbankan yang semakin pesat maka sampai saat ini Bank Rakyat Indonesia mempunyai unit kerja yang berjumlah 4.447 buah, yang terdiri dari 1 Kantor Pusat BRI, 12 Kantor Wilayah, 12 Kantor Inspeksi /SPI, 170 Kantor Cabang (dalam negeri), 145 Kantor Cabang Pembantu, 1 Kantor Cabang Khusus, 1 New York Agency, 1 Caymand Island Agency, 1 Kantor Perwakilan Hongkong, 40 Kantor Kas Bayar, 6 Kantor Mobil Bank, 193 P.POINT, 3.705 BRI UNIT dan 357 Pos Pelayanan Desa.


1.3 Struktur Organisasi Perusahaan
Pengertian organisasi beraneka ragam tergantung dari sudut mana ahli yang bersangkutan melihatnya. Disini penulis mencoba mengutip dari seorang ahli mengenai pengertian organisasi. S.P. Siagian, (1980:113) dalam bukunya “ Filsafat Administrasi” mengatakan:
“ Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian sesuatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan dimana terdapat seseorang atau beberapa orang yang disebut atasan dan seseorang atau beberapa orang yang disebut bawahan. ’’
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi mnggambarkan dengan jelas pemisahaan pekerja antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana fungsi dan aktifitas dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa yang melapor kepada siapa yang menyusun pembagian kerja dan merupakan suatu sistem komunikasi. Dengan demikian kegiatan yang beranekaragam dalam perusahaan disusun secara teratur sehingga tujuan usaha yang ditetapkan sebelumnya dapat dicapai dengan baik.
PT. Bank Rakyat Indonesi (Persero) Tbk. Kantor Cabang Iskandar Muda Medan bentuk organisasinya adalah fungsional dan staff, jenjang karier para anggota organisasi tidak terikat pada tingkat pangkat dan jabatan struktural yang diperuntukkan bagi mereka yang memimpin satuan-satuan kerja yang melakukan kegiatan penunjang dimana pengendalian oleh pimpinan tidak terlalu ketat namun tidak mengabaikan fungsi pengawasan.

1.4 Manajemen
Komisaris
1. Komisaris Utama: Bunasor Sanim(Merangkap Komisaris Independen)
2. Wakil Komisaris Utama: Sudaryono(Merangkap Komisaris Independen)
3. Komisaris: Agus Suprijanto
4. Komisaris: Heru Lelono
5. Komisaris Independen: Aviliani
6. Komisaris Independen: Adhyaksa Dault
7. Komisaris Independen: Hermanto Siregar
Direksi
1. Direktur Utama: Sofyan Basir
2. Direktur Kepatuhan: Randi Anto
3. Direktur Bisnis Konsumer: Agus T Soetirto
4. Direktur Bisnis Komersial: Sulaiman AA
5. Direktur Keuangan: Achmad Baiquni
6. Direktur UMKM: Djarot Kusumajakti
7. Direktur Operasional: Sarwono Sudarto
8. Direktur Pengendalian Risiko Kredit: Lenny Sugihat
9. Direktur Jaringan: Suprajarto
10. Direktur Kelembagaan dan BUMN: Asmawi Syam
Pemegang Saham
1. Pemerintah Republik Indonesia : 56,75%
2. Publik: 43,25%
1.5 Galeri
Logo BRI
Salah satu kantor cabang Bank Rakjat Indonesia (1947)
Kantor BRI cabang Sumbawa (1988)
Kantor BRI cabang Makassar (2008)



Bab II
ISI
2.1 Jenis Sistem Informasi Berbasis Web pada PT.Bank Rakyat Indonesia
PT. bank rakyat indonesia (BRI) telah memberikan playanan yang baik pada masyarakat yang menabung di bank tersebut. apabila masyarakat ingin mencari tahu tentang perkembangan-perkembangan BRI, masyarakat dapat mengakses Alamat ini www.bank rakyat indonesia.co.id apabila kita mengakses alamat tersebut maka akan muncul tampilan ini.
tampilan menu utama

2.2 Tentang Kami
Didalam tampilan menu utama BRI terdapat banyak link-link salah satunya tentang kami. Apabila kita mengakses alamat www.Bank Rakyat Indonesia dan meng-klik link tentang kami maka akan muncul tampilan seperti ini :

Di dalam tampilan tentang kami terdapat link-link lainnya yaitu :
1. Visi dan Misi
Visi BRI
a. Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
Misi BRI
a. Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
b. Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.
c. Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.


2. Manajemen
Di dalam link manajemen kita dapat melihat siapa-siapa saja jajaran komisaris dan jajaran direksi Bank Rakyat Indonesia bukan hanya itu saja kita juga bisa melihat riwayat hidup komisaris dan direksi Bank Rakyat Indonesia. seperti pada gambar di bawah ini.

3. Penghargaan
Di dalam link penghargaan ini kita dapat melihat banyak penghargaan-penghargaan yang di dapat Bank Rakyat Indonesia dari tahun ke tahun seperti di bawah ini :


2.3 Berita
Apabila kita mengakses alamat http://www.bri.co.id/Berita/tabid/67/Default.aspx atau meng-klik link Berita maka akan muncul tampilan seperti ini :

Di dalam link ini kita dapat mencari tahu berita-berita terbaru yang di keluarkan oleh Bank Rakyat Indonesia, dan bukan hanya itu saja kita juga dapat melihat seluruh berita yang ada atau tang lalu yang di buat oleh BRI.
2.4 Jasa Dan Layanan
Apabila kita mengakses alamat http://www.bri.co.id/JasaLayanan/tabid/71/Default.as px atau meng-klik link Jasa Dan Layanan maka akan muncul tampilan seperti ini :

Di dalam link Jasa Dan Layanan lerdapat link-link lain seperti :
1. Simpanan
Di dalam simpanan terdapat link lain seperti :
A. Deposito
B. Giro
C. Tabungan
2. Pinjaman
Di dalam pinjaman terdapat link lain seperti :
A. Mikro
B. Ritel
C. Menengah
D. Program
E. Kredit Usaha Rakyat
3. Jasa Bank
A. Jasa Bisnis
B. Jasa Keuangan
C. Jasa Lain
D. Kelembagaan
E. E-banking
F. Treasury
G. Internasional
4. Produk Konsumer
A. kartu kredit
B. KPR
C. KKB
D. KMG
5. Investment Banking
Di dalan investmen banking kita dapat melihal keungulan dan persyaratan dari:
a. Produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Rakyat Indonesia (DPLK BRI) yang dimaksudkan untuk menyiapkan dana pada saat peserta pensiun. Pembayaran manfaat pensiun dilakukan secara berkala dan dikaitkan dengan pencapaian usia tertentu.
b. Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR) merupakan Surat Berharga yang dijamin pembayaran bunga, bagi hasil serta pokoknya oleh Pemerintah dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi investor individu Warga Negara Indonesia.
c. BRI telah berpengalaman dalam bertindak sebagai Wali Amanat dan telah mendapat kepercayaan dari berbagai Perusahaan BUMN, Perbankan dan korporasi lainnya dalam hal penerbitan Obligasi/MTN.
d. BRI telah melayani jasa Bank Kustodian sejak tahun 1996 dengan berbagai jenis penitipan efek, termasuk instrumen Money Market berupa Deposito / Deposit On Call hingga Sertifikat Bank Indonesia, instrumen Fixed Income berupa Obligasi dan berbagai jenis surat hutang baik yang diterbitkan oleh Pemerintah (Goverment Bond) dan Corporate Bond, serta instrumen Ekuitas berupa Saham. Layanan Kustodian BRI termasuk pula mewakili nasabah dalam kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham dan Rapat Umum Pemegang Obligasi terkait efek yang dimiliki.
6. Priority Banking
BRI Prioritas merupakan salah satu bentuk layanan Bank BRI yang memberikan manfaat maksimal kepada nasabah BRI yang tergolong dalam segment Affluent & High Networth Individual. Dengan dibantu oleh Priority Banking Officer, beragam alternatif produk perbankan bisa didapatkan, mulai dari layanan dan solusi produk perbankan hingga pengelolaan kekayaan (wealth management) secara menyeluruh dan komprehensif melalui produk investasi, sehingga nasabah dapat memperoleh nilai tambah yang optimal atas pengelolaan kekayaan yang dipercayakan kepada BRI Prioritas. Bank BRI saat ini telah memiliki Sentra Layanan Prioritas dan Priority Lounge yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.
7. BRI Touch
2.5 Hubungan Investor
Apabila kita mengakses alamat http://www.ir-bri.com/ atau meng-klik link Hubungan Investor maka akan muncul tampilan seperti ini :



2.6 Info Lelang
Apabila kita mengakses alamat http://infolelang.bri.co.id/ maka akan muncul tampilan seperti ini :

Website ini menyajikan informasi berbagai jenis aset, meliputi: rumah tinggal, tanah kosong, pabrik, gudang, kendaraan, dsb yang dijual, baik melalui mekanisme lelang maupun jual damai dengan lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.
2.7 Karir
Apabila kita mengakses alamat http://www.bri.co.id/Karir/tabid/154/Default.aspx meng-klik link Karir maka akan muncul tampilan seperti ini :

Di dalam link ini kita dapat mencari berbagai macam lowongan pekerjaan dengan meng-klik pengumunan dan lowongan kerja, aplikasih online.
2.8 Hubungi kami
Apabila kita mengakses alamat http://www.bri.co.id/HubungiKami/tabid/157/Default.aspx meng-klik link Hubungi Kami maka akan muncul tampilan seperti ini :





Di dalam link ini kita dapat memberi komentar atau pertanyaan kepada BRI.
2.9 FAQ
Apabila kita mengakses alamat http://www.bri.co.id/FAQ/tabid/162/Default.aspx meng-klik link FAQ maka akan muncul tampilan seperti ini :

Bab III
Penutup
3.1 Kesimpulan
1. BRI adalah Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia.
2. Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi).

3.2 Saran
1. Bank Rakyat Indonesia (Persero) harus membantu masyarakat kecil, diantaranya dengan memberikan fasilitas kredit kepada golongan pengusaha kecil.
2. Bank Rakyat Indonesia memberikan layanan yang baik kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar