Friska Susyanti

Selasa, 29 Maret 2011

program struktur

Algoritma

1.Konsep Algoritma
Algoritma adalah suatu urutan langkah logis untuk memecahkan suatu masalah.
Algoritma adalah pondasi yang harus di kuasai oleh setiap mahasiswa/i yang
ingin menyelesaikan suatu masalah secara berstruktur, efektif, dan efisien, teristimewa lagi bagi mahasiswa/i yang ingin menyusun program komputer untuk meyelesaian suatu persoalan.
2.Sifat Algoritma
Sifat utama suatu Algoritma, yaitu sebagai berikut:
a.Input : Suatu Algortma memiliki input atau kondisi awal sebelum algoritma dilaksanakan dan bias berupa nilai-nilai pengubah yang di ambil dari himpunan khusus.
b.Output : Suatu Algoritma akan mengasilka output setelah dilaksanakan atau algoritma akan mengubah kondisi awal menjadi kondisi akhir, di mana nilai output diperoleh dari nilai input yang telah diperoleh melalui algoritma.
c.Definiteness : langkah-langkah yang di tuliskan dalam algoritma terdefenisi dengan jelas sehingga mudah dilaksanakan oleh pengunaan algoritma.
d.Finiteness : suatu algoritma harus memberi kondisi akhir atau output setelah melakukan sejumlah langkah yang terbatas jumlahnya untuk setiap kondisi awal atau input yang diberikan.
e.Effectiveness : Setiap langkah dalam algoritma bisa dilaksanakan dalam suatu selang waktu tertentu sehingga pada akhirnya memberisolusi sesuai yang di harapkan.
2. Struktur Algoritma
Agar Algoritma dapat ditulis lebih teratur maka sebaiknya di bagi ke dalam beberapa bagian. Salah satu struktur yang sering dijadikan patokan adalah sbb :
-Bagian kepala ( Header )
-Bagian deklarasi/definisi variabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar